Olah Raga

Fakta Liga Champions: Milan Kontra Madrid

Kaka kembali melawan mantan klubnya (c)AP

Bola.netOleh: Ronny Wicaksono

Laga Liga Champions matchday 4 akan menyajikan duel panas di Stadion San Siro antara tuan rumah AC Milan yang akan menjamu raksasa Spanyol, Real Madrid. Berikut fakta-fakta seputar pertemuan kedua tim di bumi Italia:
HEAD-TO-HEAD

– Milan dan Madrid telah bertemu sebanyak 12 kali di pentas Eropa, semuanya di ajang Liga Champions. Milan masih memegang rekor pertemuan dengan status 6 kali menang, sekali imbang dan 5 kali kalah.

– Di pentas Eropa, keduanya baru sekali berhadapan di babak final yaitu Piala Champions edisi 1957/58 di mana Madrid meraih gelar juara usai mengalahkan Milan 3-2 lewat perpanjangan waktu.

– Milan punya rekor kandang yang bagus melawan Real, dengan memenangkan semua laga dari lima pertemuan

Real Madrid hanya sekali mencetak gol di laga tandang lawan Milan. Itu terjadi di leg kedua semifinal Piala Champions 1956 ketika Madrid takluk 2-1. Gol Madrid kala itu dicetak oleh Jose ‘Joseito’ Iglesias.

– Sejak laga itu Real selalu takluk dari Milan di San Siro masing masing 2-0 (1964), 5-0 (1989), 2-0 (1989) dan 1-0 (2002).

– Real mengalami kekalahan dari lima laga terakhir melawan klub Italia (tandang maupun kandang), yakni dua kali dari AS Roma dan Juventus serta sekali dari AC Milan.

– Empat lawatan Real terakhir ke Italia berakhir dengan 3 kekalahan dan sekali imbang. Mereka hanya menang empat kali dari 26 laga Eropa di tanah Italia.
MILAN

– Tak pernah menang dalam 3 laga kandang di pentas Eropa. Terakhir mereka kalah 1-0 dari FC Zurich, serta ditahan imbang 2-2 oleh VfL Wolfsburg dan Werder Bremen di ajang Piala UEFA musim lalu.

– Di Liga Champions, Milan juga mengalami kekalahan dalam 2 laga kandang terakhir tanpa mencetak gol, masing-masing saat dibekuk Arsenal 2-0 pada Maret 2008 dan FC Zurich 1-0 September lalu.

– Rekor terburuk tak pernah menang di kandang sebanyak lima laga beruntun dialami Milan ketika di musim 2000/2001 mereka meraih lima kali hasil imbang di laga kandang Liga Champions.

Filippo Inzaghi telah mencetak 48 gol di Liga Champions, termasuk pada babak kualifikasi.

– Dari semua pemain yang masih aktif, Clarence Seedorf adalah pemain yang telah memainkan laga Eropa terbanyak dengan 140 penampilan. Hanya Paolo Maldini (160) dan Oliver Kahn (141) yang melebihi rekornya.

Seedorf bermain untuk Real antara 1996 dan 1999, dan memenangkan Piala Champions di musim 1998. Ia mencetak 3 gol dalam 25 laga Liga Champions bersama Madrid.

– Selain Seedorf, pemain lain yang pernah membela Madrid maupun Milan di Liga Champions adalah Christian Panucci, Fernando Redondo, Pablo García, Ronaldo, David Beckham, Emerson and Kaka.

Klaas-Jan Huntelaar bergabung dengan Milan dari Madrid awal musim ini, di mana ia telah mencetak 8 gol dalam 20 pertandingan La Liga selama 6 bulan berkostum Madrid.
REAL MADRID

– Real tak pernah meraih hasil imbang dalam 15 laga Eropa terakhir mereka.

Raul telah mencetak 67 gol di ajang Eropa, 66 gol di Liga Champions dan 1 gol di Piala Super Eropa. Ia hanya terpaut 2 gol dari rekor pencetak gol sepanjang masa yang dipegang Gerd Muller.

– Real telah mencetak gol paling banyak dari semua kontestan Liga Champions musim ini dengan 10 gol.

– Empat golnya di Liga Champions mengantar Cristiano Ronaldo menjadi top scorer sementara musim ini.

– Sebelum hengkang ke Madrid, Kaka bermain enam musim untuk Milan dan mencetak 23 gol dalam 56 penampilan di Liga Champions. (bola/row)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s